18 Juni, 2009

Manfaat Tidur Siang

Hari ini kamis,saya bangun jam 4 pagi(terlalu pagi ya..) karena kemarinnya saya dapat 4 jam tidur siang.Saya sudah biasa dengan tidur siang,tapi biasanya cuma dapat 1 atau 2 jam saja.Beda dengan hari kemarin.Mungkin karena makan siang saya kemarin,makan nasi putih masakan kas Indonesia,jadi langsung terlelap heheh..Dalam Islam tidur siang adalah sunnah.Tujuannya adalah untuk kesegaran tubuh/badan agar dapat di manfaatkan untuk melaksanakan amal dan ibadah. Banyak orang berpendapat bahwa tidur siang itu orang yang malas .Tapi saya kira karena mereka belum mengetahui/tidak mengetahui manfaat dari tidur siang.yah...perbedaan pendapat itu pasti ada .Karena memang pengetahuan kita berbeda-beda . Perbedaan sering memicu konflik ,tapi bukan berarti tidak respect terhadap pendapat orang lain(menurut pandangan saya pribadi).

Sedikit pendapat tentang "menghargai perbedaan pendapat" dari orang yang saya tidak kenal namun saya sangat cocok sekali dengan pendapat ini:

Terkadang kita sebagai manusia merasa kita yang paling benar, dan kita mungkin pernah meremehkan pendapat, atau saran dari orang lian. Kerap ketika kita mengedepankan keangkuhan pribadi dalam menerima pendapat dan kritik, dan kita meremehkan orang lain.


Sering juga kita mengabaikan hati nurani, dalam pengambilan keputusan, sebenarnya perbedaan pendapat adalah suatu anugerah yang patut disyukuri, karena dengan perbedaan pendapat kita bisa memiliki banyak pilihan keputusan, atau alternative penyelesaian masalah.

Sering kita sakit hati ketika ide atau gagasan kita tidak diterima oleh sahabat, rekan kerja, rekan bisnis, keluarga, dan suatu hubungan interaksi sosial lainnya. Coba kita berfikir positif jika pendapat kita belum dipakai, mungkin pendapat orang lain lebih tepat untuk meyelesaikan permasalahan.

Dengan kita bisa menerima pendapat atau pandangan orang lain, dan tidak memaksakan kehendak, adalah cermin dari kedewasaan, kebijaksanaan dari seseorang. Sesorang yang sudah berpribadi matang, cenderung akan menghargai pendapat orang lain, dan orang yang belum dewasa akan cenderung memaksakan kekuatanya.

Jadi kenapa tidak kita bergabung bersama untuk mendapat ide yang lebih baik, atau menghargai ide orang lain saat ide kita tidak diterima. Tetapi kita juga janganlah congkak ketika ide kita diterima. Mari kita saling menghargai perbedaan pendapat diantara kita. Karena manusia terdiri dari banyak pemikiran. Dan mari kita buat perbedaan menjadi hal yang menyatukan.

Adakalanya kita harus mengalah untuk menang, dan juga kita memang harus benar-benar mengalah untuk kebaikan bersama tapi disuatu saat kita memang harus mengalah untuk kalah karena memang kita hanyalah manusia yang tidak sempurna“Bersifat lapang dada saat ide kita tidak diterima adalah sebuah proses kematangan diri
Menghargai perbedaan pendapat adalah sangat bijaksanahttp://fadli.web.id/

Kembali ke manfaat tidur siang....
Baru-baru ini di Amerika Serikat ada suatu penelitian yang menyatakan bahwa tidur siang yang disertai dengan mimpi, dapat memicu kreativitas untuk menyelesaikan masalah dengan lebih baik. Tentu saja melalui pemikiran lateral atau kreatif.

Penelitian para ahli dari Universitas California San Diego ini dilakukan dengan memusatkan pada inkubasi. Hasilnya menunjukkan bahwa inkubasi memang mendorong munculnya kilasan penglihatan, terutama jika orang memasuki fase tidur yang disebut dengan Rapid Eye Movement (REM).

Penelitian itu melibatkan 77 orang relawan. Mereka diberi beberapa masalah yang harus diselesaikan. Selain itu kepada mereka juga diinstruksikan agar memikirkan masalah tersebut hingga sore hari dengan jeda istirahat tanpa terlelap. Tidur siang mereka terus dimonitor para ilmuwan.

BBC memberitakan, mereka yang tidur dengan disertai REM menunjukkan peningkatan keberhasilan memecahkan persoalan sampai 40 persen. Dibanding mereka yang tidak disertai REM. Dari hasil penelitian itu, para ilmuwan menganjurkan kepada kita agar lebih mementingkan tidur yang berkualitas. Bukan soal durasi lamanya tidur.

Menurut kepala peneliti, Professor Sara Mednick, lama durasi tidur lebih mempengaruhi kemampuan untuk mencari solusi suatu masalah. Tapi untuk menyelesaikan masalah secara kreatif, hanya bisa diraih dengan tidur yang berkualitas disertai REM. Pasalnya, REM dipercaya mampu membuat otak menghubungkan saraf baru tanpa dicampuri pikiran lain yang muncul ketika kita sedang terbangun atau tidur tanpa mimpi.

Intinya, tidur dengan REM sangat penting dalam menyesuaikan antara informasi baru dengan pengalaman terdahulu. Gunanya untuk memperkaya jaringan yang bisa dimanfaatkan di masa mendatang.(VIN)

48 komentar:

Fernando de Grissee mengatakan...

pertamax...dapat hadiah nggak??..hehehehehe.....
waaah...temanya BBS ya?!(bobok-bobok siang)...jadi ngantuk nih xixixi....

kucingkeren mengatakan...

tidur siangnya kapan dulu? kalu di bawah pukul 12 katanya bsia meningkatkan kadar gula darah. tp kalu setelah ashar itu yg terbaik.... ..

genial mengatakan...

aQ uda gag pernah dpt mimpi enak klu tidur siang :( hiks hiks hiks hiks ... artinya... aq uda gag bsa secara kreatif mecahin masalahh iia..?!?!?? pantesan rada-rada, belakangan ini... hiks ...

gambar apa yg gag muncul mba'nya?!?!?!

chrysanti mengatakan...

Lho? dari hasil diskusi kmrn sih ada 2 pendapat kapan waktu tidur siang, bs sebelum atau sesudah dzuhur.. tapi jangan setelah ashar..

ayo mba aisha,, tolong diluruskan..:P

Neng Rara mengatakan...

ass.
mbak, denger-denger tidur stelah asyar atau menjelang magrib tidak diperbolehkan, betul ga?, o ya, denger-denger juga di Mesir, penduduknya suka tidur selepas subuh lalu mereka beraktifitas.
wassalam

sii melyn mengatakan...

iya.. bukannya tidur abis ashar itu gak boleh ya..

Aishalife-line mengatakan...

@Fernando de grisee
heheh mau hadiah apa ya bro?pernah tidur siang nggak bro?thank you.

@kucingkeren,genial,chrysanti,NengRara,Melyn
Brothers and sisters ,Para ilmuwan mengatakan tidur siang paling sedikit setengah jam kalau bisa 1 jam ( kalau saya sih nggak cukup heeh).Dan yang paling bagus dan ideal antara jam 2-3 siang.

genialbutuhsomay mengatakan...

gag mungkin cukup buat saiia 1 jam mahhh uhuhuhuhuh... dari jam 6 pag blass sampe jam 6 sore.. baru mantep :p

di tempatku baex baex sahaja tuh, mba'nya... :(

Aishalife-line mengatakan...

@Genialbutuhsomay
wah sampai 6 jam ? apa tidak tidur malam?kalau tidur malam cukup,tapi masih tidur siang 6 jam berarti tubuh anda bermasalah bro begitu katanya heheh.

Fernando de Grissee mengatakan...

berarti tidur kita dibagi dua dong....malem sama siang....trus yang baek berapa jam malam n siang....
kalo ane nggak teratur sama sekali mbak tergantung pekerjaan......(lemburan)....xixixixixixi

Aishalife-line mengatakan...

@Fernando de Grissee
Tidur orang dewasa yang ideal 7-8 jam bro satu hari.untuk melihat salah satu link informasi seputar kesehatan di: http://sleepclinicjakarta.tblog.com/

Ariyanti Danurtiyas mengatakan...

Waks, baru tau manfaatnya tidur siang... Jadi pengen tidur siang... Tapi kalau tidur siang nanti dimarahin Bos, hehe...

Aishalife-line mengatakan...

@Ariyanti Danurtiyas
Belum ada sistem istirahat tidur siang ya sis, di kantornya? wah kalau di sini rata-rata perusahaan udah punya sistem istirahat tidur siang.Usul aja sis heheh

Aishalife-line mengatakan...

@Neng Rara
yang siang beraktifitas tidak sis.Biasanya yang tidur sampai selepas subuh yang ibu-ibu rumah tangga yang tidak ada kerjaan.kalau mahasiswa2 Indonesia yang di mesir emang kebanyakan tidurnya selepas subuh.Pada betah chating mereka.

buwel mengatakan...

subhanalloh....makasih info nya...

Quinie mengatakan...

ho oh, bukannya tidur setelah ashar itu ga bole ya?

cah bontot mengatakan...

ck..ck..ck nice link!

Menghargai perbedaan pendapat itu memang bisa jadi ukuran kebijaksanaan seseorang...tapi kearifan diri untuk tidak memancing munculnya perbedaan pendapat (dengan sengaja atau tidak) dan mau serta mampu memikirkan efek yg bisa ditimbulkan akibat dari perbedaan pendapat tsb (apalagi jika kita sudah tahu bahwa hal itu menyangkut sesuatu yg peka misalnya tentang integritas/harga diri seseorang /profesi tertentu) maka tindakan ini menurutku jauh lebih bijaksana ... karena bagaimanapun prinsip mencegah jauh lebih baik daripada mengobati ...inilah yg disebut kearifan (mungkin menurut istilah dukun sakti disebut "rasa"!) yang seharusnya dimiliki lebih dulu di internal diri masing-masing..yang pada gilirannya akan menentukan seberapa bijaksananya perilaku/tulisan kita dengan segala efek yg mungkin ditimbulkannya....
bukankah demikian sis & bro ?

bongjun mengatakan...

aduh,...abis tidur siang kemaren badan saya malah pegel-pegel semua hahahaha,...soalnya ketiduran diantara bebatuan di taman blona sambil menghayal,..kapan bisa tidur siang dengan enak hahahaha,...nice post.

Aishalife-line mengatakan...

@buwel
Kembali kasih.

@Quinie
yub sis,yang bagus sebelum ashar.

@Cahbontot
Begitu juga betul bro, termasuk kebijaksaan.Yang anehnya kadang kita ini lebih condong mengoreksi kesalahan orang lain pada diri kita,dari pada mengoreksi kesalahan diri sendiri terhadap orang lain.Selama dalam mengeluarkan opini/pendapat masih beretika yakni tidak mengeluarkan kata cacian dan makian, saya kira tidak akan menimbulkan efek negatif dari kedua belah fihak.Dan jiwa saya masih tetap berpegang pada pendapat saya ; Bhineka Tunggal Ika= berbeda-beda tetapi tetap satu juga hehhe.Uh Aisha emang keras pala!
thanks for coming bro.

@Bongjun
Hehhe tidur siang yang paling enak itu kalau pas lagi menghayal terus lansung ketiduran.Apalagi yang di hayal itu sesuatu yang jadi impian.bangun ketawa ketiwi sendiri.

Fernando mengatakan...

Usul dikasih chat room ya sis.....biar tambah rame hehehe.....
>BanBongJun: tidur dimana aja no problem Bang.....yang penting mimpinya....hehe benar nggak?!.....tidur diatas batu tapi mimpi ama bidadari kan uenak tenan hehehe....
tidur di kasur empuk tapi mimpi di kejar hantu kan nggak enak.......takut....hiiiiiii....!!

Chalief mengatakan...

wahwahwah...Gitu yaa Manfaatnya...nice info...
Maen2 ke Blognya Chalief lg Mba...hehe

JengSri mengatakan...

dulu waktu kecil doyan tidur siang
idah gede doyan tidur pagi ;)

buwel mengatakan...

mampir...

Aishalife-line mengatakan...

@Chalief
Thanks chalief..saya sering main kesana.

@Jeng Sri
hehehe putaran waktu Jeng:)

@Buwel
Thanks bro or sis.

Aishalife-line mengatakan...

@Fernando
hehehe boleh bro...

mrpsycho mengatakan...

tidur siang bikin ketagihan,kacau kalo banyak kerjaan
PS: semoga kita semua lebih bijaksana dalam bersosialisasi,mamadamkan bara puntung rokok lebih mudah daripada memadamkan api yang telah berkobar

Aishalife-line mengatakan...

@mrpsycho
hiks..hiks..what should I do bro..help me..please...:D

mrpsycho mengatakan...

tidak ada yang benar,dan tidak ada juga yang salah sis .. mari terus belajar bersama sama..
blog adalah sajian,bukan jualan.. tulisan,pengetahuan,atau hiburan yang kita sajikan,jika disukai,pasti pengunjung akan datang dengan sendirinya

Aishalife-line mengatakan...

@mrpsycho
thank you bro...that's more than enough for me.

coffeeoriental mengatakan...

aku punya waktu buat tidur siang, tapi sulit banget buat tidur siang... hum..

Anonim mengatakan...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]academic adobe software, [url=http://firgonbares.net/]nero recode[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] office related software discount vista software
place to buy software [url=http://firgonbares.net/]discounts on software for[/url] customer order software
[url=http://firgonbares.net/]microsoft windows xp[/url] autocad tutorial
[url=http://firgonbares.net/]microsoft software for sale[/url] old software versions for sale
macromedia animation software [url=http://firgonbares.net/]marketing software canada[/b]

Anonim mengatakan...

f

Anonim mengatakan...

Tidur setelah Ashar boleh2 aja.
Hadist yang menyatakan tidak boleh itu hadistnya lemah.

ryan mengatakan...

artikel yang menarik. oia, jangan lupa mampir ke sini ya...

Anonim mengatakan...

[url=http://murudobaros.net/][img]http://murudobaros.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]microsoft office 2007 enterprise edition, [url=http://murudobaros.net/]how much will windows vista ultimate cost[/url]
[url=http://murudobaros.net/]adobe acrobat 9 professional extended[/url] education software store http www macromedia com software
microsoft database software [url=http://murudobaros.net/]banner academic software[/url] macromedia flash softwares
[url=http://murudobaros.net/]11 Mac StuffIt[/url] top software downloads
[url=http://murudobaros.net/]software reseller new[/url] selling your software
filemaker pro expert [url=http://murudobaros.net/]power policies windows xp registry[/b]

Anonim mengatakan...

[url=http://hopresovees.net/][img]http://vonmertoes.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]adobe educational software, [url=http://bariossetos.net/]software reseller agreement[/url]
[url=http://hopresovees.net/][/url] store building software buy retail software
acdsee 10 crashes on mpg files [url=http://vonmertoes.net/]Pro 9 Advanced Mac[/url] adobe photoshop cs3 classroom in a book
[url=http://bariossetos.net/]limewire for windows xp[/url] adobe photoshop cs for mac
[url=http://bariossetos.net/]Mac WinZip 12 Pro[/url] pda office software
buy advanced photoshop [url=http://hopresovees.net/]christian discount software[/b]

Anonim mengatakan...

free dating love site [url=http://loveepicentre.com/]singles salsa ballroom lessons in chicago[/url] christian courtship dating http://loveepicentre.com/ person couples dating finding fun minded site message profile subject

Anonim mengatakan...

baptist health systems of arizona [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/female-enhancement.htm]female enhancement[/url] drug experience http://usadrugstoretoday.com/categories/de-la-salud-de-la-mujer.htm breast health care online http://usadrugstoretoday.com/products/strattera.htm
rutin dosage [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/skin-care.htm]skin care[/url] zyrtec drug tests [url=http://usadrugstoretoday.com/products/revia.htm]tea light candle lamp whole sale[/url]

Anonim mengatakan...

free psa reliable prostate test [url=http://usadrugstoretoday.com/products/premarin.htm]premarin[/url] names of some illegal drugs http://usadrugstoretoday.com/categories/antidepressivum---anti-angst.htm diabetes high blood pressure http://usadrugstoretoday.com/products/flonase.htm
jasmine green tea [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/cholesterin.htm]cholesterin[/url] salons or store that carrry pravana sulfate free shampoo [url=http://usadrugstoretoday.com/products/proscar.htm]weight loss depression medication[/url]

Anonim mengatakan...

inv dup 15 syndrome [url=http://usadrugstoretoday.com/products/inderal.htm]inderal[/url] effects of smoking on breathing http://usadrugstoretoday.com/products/purinethol.htm new image dental http://usadrugstoretoday.com/products/hydrochlorothiazide.htm
free medical coding practice tests [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/arthrite.htm]arthrite[/url] fda says that generic drugs are better [url=http://usadrugstoretoday.com/products/proventil.htm]heart disease and oral bacteria[/url]

Anonim mengatakan...

which arm is best for blood preasure reading [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/cholesterol.htm]cholesterol[/url] medical health information failure negligence http://usadrugstoretoday.com/catalogue/c.htm bodybuilding contest http://usadrugstoretoday.com/products/ed-strips.htm
metal rod in back and chirpractic medicine [url=http://usadrugstoretoday.com/products/femara.htm]femara[/url] raynaulds syndrome [url=http://usadrugstoretoday.com/products/plavix.htm]runescape blood rune[/url]

Anonim mengatakan...

http://online-health.in/avodart/generic-drug-for-avodart
[url=http://online-health.in/antabuse/how-long-to-stop-antabuse-before-drinking-alchohol]teens and the effects of drugs and alcohol[/url] argument for and against animal drug testing [url=http://online-health.in/astelin/astelin-resolution-symptom]astelin resolution symptom[/url]
pro drug http://online-health.in/antidiabetic/ginseng-traditional-use-as-an-antidiabetic
[url=http://online-health.in/aricept/aricept-plus]spellings drug paraphernalia[/url] pictures of attention deficit disorder drugs [url=http://online-health.in/bisacodyl]bisacodyl[/url]
erectile pictures http://online-health.in/bactroban/diflucan-bactroban
[url=http://online-health.in/avandia]stanford hiv drug resistance database[/url] mcc drug tests [url=http://online-health.in/avodart/avodart-and-flomax]avodart and flomax[/url] drugs and coal mining towns [url=http://online-health.in/arimidex/arimidex-vs-tamoxifen]arimidex vs tamoxifen[/url]

Anonim mengatakan...

http://meen.in/erection/do-erection-creams-work
[url=http://meen.in/celebrex/celebrex-contraindication-drug-interaction]acne treatment info at world drug mart[/url] medicare prescription drug plan 2008 [url=http://meen.in/flomax/flomax-alternatives]flomax alternatives[/url]
overnight shipping cialis http://meen.in/cleocin/what-is-cleocin
[url=http://meen.in/clomid/clomid-order-online]how pharmcy technicians prepare drugs[/url] cvs puttng out locally owned drugstores [url=http://meen.in/flomax/can-flomax-be-taken-out-of-the-capsule]can flomax be taken out of the capsule[/url]
online pharmacy no prescription needed http://meen.in/flomax/flomax-medications
[url=http://meen.in/cephalexin/cephalexin-how-long-work]health dark chocolate[/url] sherlock holmes drug addiction [url=http://meen.in/clomiphene/clomiphene-and-spotting]clomiphene and spotting[/url] starategies against generic drugs [url=http://meen.in/erection/black-beaded-silicone-male-ring-erection-aid]black beaded silicone male ring erection aid[/url]

Anonim mengatakan...

free adult classified http://xwe.in/orgy/anime-lesbian-orgy
[url=http://xwe.in/thongs/extreme-thongs]tsunade naruto hentai[/url] free interaticial porn [url=http://xwe.in/nylon/nylon-attach-knob]nylon attach knob[/url]
adult clubs in los angeles http://xwe.in/erotic-video/museum-of-erotic
[url=http://xwe.in/girl-anal/anal-rape-blogs]ladies doubles amateur tennis tournaments florida[/url] sexy womens boots [url=http://xwe.in/bdsm/bdsm-aspergers]bdsm aspergers[/url]
free incest porn games http://xwe.in/girl-anal/anal-gagging
[url=http://xwe.in/oral/low-cost-oral-sugery]free hentai incest[/url] pictures of nude hentai girls [url=http://xwe.in/orgasm/can-a-man-orgasm-twice-in-one-night]can a man orgasm twice in one night[/url]
kathy lee gifford sexy pictures http://xwe.in/toon/tri-toon
[url=http://xwe.in/thong/myspace-graphics-thong]ghetto xxx pics[/url] real adult personals [url=http://xwe.in/handjob]handjob[/url]

Anonim mengatakan...

kickin it old school movie [url=http://full-length-movies.com/dvd-quality-movie-juno/12606database/]Juno[/url] letter from heaven flash movie [url=http://worldmovs.co.cc/full_version-the-warlords/13212database/]The Warlords[/url]
zorretta movie [url=http://full-length-movies.com/dvd-quality-movie-chasing-ghosts/4738database/]Chasing Ghosts[/url] order of the phoenix downloads free movie [url=http://worldmovs.co.cc/full_version-hairspray-/22352database/]Hairspray [/url]
howerd stern movie [url=http://full-length-movies.com/dvd-quality-movie-license-to-wed/18972database/]License to Wed[/url] movie live in maid 02806 [url=http://worldmovs.co.cc/full_version-iniemamocni/8009database/]Iniemamocni[/url]
download movie themes [url=http://worldmovs.co.cc/full_version-elvis-the-missing-years/17672database/]Elvis The Missing Years[/url] gamers movie [url=http://worldmovs.co.cc/full_version-naissance-des-pieuvres/7392database/]Naissance Des Pieuvres[/url]

Anonim mengatakan...

designer uniform http://topcitystyle.com/?action=products&product_id=1124 free waldor fdoll clothes patterns [url=http://topcitystyle.com/cream-yellow-women-s-tops-color211.html]chanel tote[/url] working conditions in the fashion designing industry
http://topcitystyle.com/roberto-cavalli-dress-for-women-multi-item1717.html womens ryka athletic shoes [url=http://topcitystyle.com/bags-on-sale-category37.html]stony point fashion park richmond va[/url]

Anonim mengatakan...

nj lottery mega results http://wqm.in/casino-online_what-is-casino-night-event sport betting new papers
[url=http://wqm.in/joker_song-lyrics-joker]online gambling in oregon[/url] how are football betting odds set [url=http://wqm.in/slot_rail-honing-slot-tech]rail honing slot tech[/url]
software blackjack game http://wqm.in/online-casinos_dealer-schools-for-indiana-casinos
[url=http://wqm.in/jokers_jokers-tattooing-and-piercing]playing cards tally ho[/url] us lottery numbers [url=http://wqm.in/lottery_barbados-lottery-ticket]barbados lottery ticket[/url]
online casino mac http://wqm.in/slots baccarat jewellery [url=http://wqm.in/joker_steve-miller-band-the-joker-lyrics]steve miller band the joker lyrics[/url]

Anonim mengatakan...

watch the movie of jack and rose titanic [url=http://moviestrawberry.com/films/film_comrades/]comrades[/url] tamil movie online http://moviestrawberry.com/films/film_bled/ old school movie videos
balls of fury movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_metroland/]metroland[/url] matrix the movie setting http://moviestrawberry.com/films/film_daniels_daughter/ georgia rules movie
downloading babes in toyland movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_summer_stock/]summer stock[/url] dog sex movie
sleepers movie free download [url=http://moviestrawberry.com/films/film_killa_season/]killa season[/url] simgirl ebnding movie full screen http://moviestrawberry.com/films/film_rushmore/ underworld the movie
movie gallery stock [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_laramie_project/]the laramie project[/url] free beastiality movie http://moviestrawberry.com/countries/?page=146 emmanuelle movie series