17 Juni, 2009

10 Cara Membuat Anak Senang Membaca

Berbicara masalah anak,saya sudah tidak tahan lagi, ingin punya buah hati.Namun apa daya sampai sekarang belum ada tanda-tanda karunia dari ilahi.Yah...harus bersabar dan menerima apa kehendak ilahi.Bisaku cuma ngiler kalau melihat ibu-ibu lagi menggendong buah hati mereka.
Pelajaran dari Oprah 10 cara membuat anak senang membaca:
1.Buatlah daftar buku-buku yang dapat Anda baca bersama dengan anak, dan lihatlah seberapa banyak mereka membaca. Apakah itu dua halaman ataupun 200 halaman, catatlah kemajuannya.

2.Pastikan bahwa anak-anak dapat menjangkau buku-buku yang ada di rumah dengan mudah. Jika buku cerita "Dr Seuss" lebih dekat daripada Digital Video Recorder (DVR), maka anak-anak akan lebih mungkin menggapainya daripada nonton video.

3.Jadilah contoh dengan membaca sendiri. Anak-anak pasti akan segera mengikuti.

4.Bukan hanya buku yang dapat dibaca. Seperti halnya Anda suka membaca majalah, ajarkan hal yang sama pada anak-anak untuk membaca apa pun yang mereka suka seperti komik, bahkan buku petunjuk game pun bisa membuat mereka suka membaca.

5.Radio bukan satu-satunya yang dapat anda dengarkan. Mintalah pada anak-anak untuk membaca keras-keras, sehingga Anda bisa mendengarkan. Jadi Anda dapat mengetahui kemajuan yang mereka capai dan mengetahui kesulitan yang mungkin mereka hadapi.

6.Untuk acara-acara khusus, berikan hadiah buku untuk anak anda dengan bungkus yang menarik.

7.Anak-anak belajar membaca pada kecepatan yang berbeda. Berikan mereka waktu untuk membaca, dan tidak perlu memberi target per halaman.

8.Tinggalkan buku disamping tempat tidur anak-anak. Jika anda menganjurkan mereka agar membaca beberapa menit setiap malam sebelum tidur, maka mereka akan menjadi rajin membaca buku tanpa kenal waktu. Akhirnya Anda juga akan diminta membacakan buku dengan suara keras pada mereka. Setelah semuanya itu, apa yang lebih baik selain cerita sebelum tidur?

9.Saat liburan sekolah, tetap anjurkan anak-anak untuk membaca secara teratur. Hal ini akan membuat mereka lebih pandai saat kembali ke sekolah. Daripada melihat anak-anak bertengkar, lebih baik bersantai sambil membaca.

10.Semua anak-anak senang berpetualangan. Buatlah petualangan kecil saat pergi ke perpustakaan atau ke toko buku. Hal ini akan sangat menyenangkan mereka sehingga membuat mereka terus ingin pergi ke sana.(oprah.com/LUC)

12 komentar:

sii melyn mengatakan...

hmm.. *angguk2*
mantapp ni tipsnya.
Mau dipraktekin tapi bel0m ada anaknya. xixixi..

Semangatt mbak!
Sem0ga cepet dikasi amanah jadi ibu ya. Aminn..

Fernando mengatakan...

Mantab !!....budayakan membaca sekaligus jadikan hoby hehehehe.....
maaf baru bisa gentayangan lagi xixixixi.....

rizal mengatakan...

tip bagus...nih...
betul mbah peran orang tua sangat penting dalam membentuk pribadi anak, karena anak adalah amanah yang harus dijaga...

raja peni mengatakan...

adindaku...bersabar aja jika Allah belum mengaruniamu buah hati yang manis dan lucu itu. Tapi ihktiar dan doa harus terus adinda lakukan.. Ok..masanya akan tiba ...yakinlah...kk turut mendoakan...
Tipnya..ok banget..tapi memang cukup sulit dilakukan...konsistensi dari kita ortu ini... kadang kita ok..eh tak didukung ama suami.. tapi memang butuh komitmen dan disiplin... mengajarkan anak cinta membaca dari kecil merupakan hal yang terbaik dan harus dilakukan...

Neng Rara mengatakan...

ass.
sy ikut mendoakan mbak,supaya cepet di karunia momongan.InsaAllah jika saatnya tiba.semoga.
mengajarkan membaca bagi anak ternyata tidak sulit ya, setelah membaca postingan ini.
wassalam

chikal mengatakan...

waduuuuhhh,,,, klo buat perpustakaan saya mah pengen banget tuh dari dulu.. hidup baca!!!!

Ariyanti Danurtiyas mengatakan...

Wuaahh, aku suka baca blogmu, banyak banget info bagusnya. Banyak2in persiapan dan pengetahuan mengenai anak Sis, jadi pas nanti waktunya datang, you'll be able to become the best parents in the world! :)

mrpsycho mengatakan...

baik untuk menanamkan minat baca bagi anak sejak dini

bongjun mengatakan...

wahy,..saya selalu semangat kalo udah menyangkut Baca dan Buku (BB)hahaham,....thankyou Aisha,...

Aisha mengatakan...

@Melyn
hehhe,praktein sama adik atau saudara yang masih kecil kalau ada sama aja melyn...

@Fernando
yub bro.Nggak pp bro, tenang aja heheh.

@Rizal
Betul bro.

@Raja Peni
terimaksih sis,betul,yang saya bisa lakukan hanya ikhtiar dan berdo'a.
Mustinya emang harus ada kekompakan antara suami dan istri dalam membibing anak sista.Thank you.

@Neng Rara
wa'alaiki salam
betul sis,sesuatu yang kita sudah tahu pasti tidak sulit.
wass

@Ariyanti Danurtiyas
thank you sis.Persiapan untuk bekal nanti kalau punya heheh.

@mrpsycho
betul bro.

@Bonjun
yw bongjun...tetap semangat.

Aishalife-line mengatakan...

@Chikal
semoga tercapai keinginanmu bro

Anonim mengatakan...

When you have both skin tags as well as warts on your body, you can use the skin tag removal products that will
also help you to remove the skin warts. This is a great font for use with winter designs as you prepare all your Christmas artwork.
You will find that your custom shapes are now available
from the shape menu when you have the Custom Shape Tools
selected.

my homepage - what are skin tags